Halaman

Rabu, 22 Mei 2013

CONTOH KASUS CYBERCRIME " POX Pencipta Virus Love Bug (ILOVEYOU) "



Penangkapan Reonel Ramones dan Onel De Gusman
          Pada tanggal 5 Mei 2000 Pox dua orang programmer muda komputer asal Filipina yang benama Reonel Ramones dan Onel De Gusman menghebohkan dunia lewat virus yang diciptakan mereka berdua. Virus yang mereka ciptakan bernama virus e-mail Love Bug (ILOVEYOU), Pox diduga telah menginfeksi dan melumpuhkan 50-80 juta lebih komputer pada 4 Mei 2000. Virus tersebut juga menyerang komputer-komputer milik pentagon, CIA dan organisasi-organisasi besar lainnya dan menyebabkan kerugian berjuta-juta dollar akibat kerusakan yang dibuat.
ILOVEYOU, kadang-kadang disebut sebagai Surat Cinta, adalah worm komputer yang menyerang puluhan juta komputer pribadi windows yang terhubung dengan internet. Virus ini berasal dari Manila di Filipina penyebarannya bergerak ke arah barat di seluruh dunia, yang pertama Hongkong, kemudian ke Eropa dan akhirnya ke Amerika Serikat.  
Virus ILOVEYOU scriptnya ditulis menggunakan Microsoft Visual Basic Script (VBS) yang dijalankan di Microsoft Outlook dan diaktifkan secara Default pada komputer bersistem operasi Windows dengan tidak adanya menyadarinya. Pencipta virus menggunakan rekayasa sosial untuk menarik perhatian para pengguna dan membuka lampiran yang diselipkan di email. Reonel Ramones dan Onel De Gusman menjadi sasaran penyelidikan kriminal oleh agen - agen dari Biro Nasional Filipina Investigasi (NBI) setelah mendapat laporan dai kontak dari pengguna komputer di Eropa menyatakan bahwa pesan ILOVEYOU yang dikirim dari Server ISP adalah Malwera atau Worm. Setelah itu NBI memeriksa nomor telepon Reonel Ramones dan Onel De Gusman di Manila, dan NBI mengeleda semua apartemen Reonel Ramones dan Onel De Gusman dan menemukan komputer yang mereka gunakan untuk menyebarkan virus tersebut.
NBI juga menemukan bukti bahwa Onel De Gusman pernah kuliah di AMA Computer University, dimana De Gusman telah Drop Out (DO) di tahun terakhir ia menyelesaikan studynya dan pihak kampus menyatakan alasan di putus kuliah ialah dimana tesis sarjananya, De Gusman mengusulkan “Implementation of a Trojan to Steal Internet Login Passwords” (Pelaksanaan Trojam untuk mencuri internet password dan login)  dengan cara ini ia mengusulkan, pengguna akan terkoneksi ke internet tanpa membeli koneksi internet. Usulan De Gusman ditolak oleh Collage of Computer Studies, dan mendorong De Gusman membatalkan studinya sehari sebelum wisuda.
NBI menyarakan agar Reonel Ramones dan Onel De Gusman agar mereka dijerat dengan Undang-Undang Republik 8484 yang dirancang untuk penipuan kartu kredit dan Undang-Undang Revisi KUHP Filipina tahun 1932  tentang kejahatan yang direncanankan, akan tetapi lemah hukum ini menjerat mereka Reonel Ramones dan  Onel De Gusman yang membuat mereka bebas dari tindakan kejahatan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar